Khataman Al-Qur’an Di Lakukan Secara Daring.

Surabaya. Forumjurnalisri.com – Warga kota Pahlawan, terutama ibu-ibu memanfaatkan liburan di rumah, di tengah pandemi Covid-19 dengan melakukan khataman berjamaah secara daring.

Reni Astuti, salah seorang Wakil Ketua DPRD Surabaya, mengatakan, bahwa khataman bisa dilakukan secara daring.

“Sebagai bentuk perkuat doa dan perbanyak membaca Al Quran di masa pandemi corona, khataman berjamaah bisa tetap dilakukan melalui aplikasi zoom. Alhamdulillah tidak mengurangi kekhusyukan”, ujar Reni, yang ikut khataman daring di Surabaya, Senin (3/4/2020).

Khataman daring bersama ibu-ibu merupakan bagian dari imbauan pemerintah untuk menerapkan pembatasan fisik atau jaga jarak antar manusia serta beraktivitas di rumah selama pandemi Covid-19. Berbeda dengan khataman rutin yang biasanya dilaksanakan di rumah secara berjamaah, kali ini khataman diadakan di rumah masing-masing dalam waktu serentak.

Agar suasana khataman terasa, ia menggunakan video konferensi melalui aplikasi zoom. Sekitar 60 anggota jamaah ibu-ibu mengikuti khataman daring tersebut. Dan khataman tersebut dipimpin langsung Ustadzah Lina dari Kenjeran. Masing-masing peserta membaca Al Quran yang menjadi bagiannya, sehingga jika digabungkan menjadi lengkap 30 juz.

Reni menyampaikan justru saat seperti ini kedekatan dengan Allah Yang Maha Kuasa harus selalu dijaga. Selain ikhtiar sebagai manusia melalui berbagai upaya pencegahan dan penanganan, juga bertawakal kepada Allah atas terjadinya pandemi.

“Insyaallah kita akan dikeluarkan dari wabah ini dengan selamat,” ujarnya

Selain khataman ada juga tausiyah dari ustadzah yang disampaikan. Pada masa pandemi semua pihak harus saling menguatkan sehingga perlu sering juga masyarakat mendapatkan tausiyah, mauizhah hasanah dari para ulama, para kyai, para ustadz dan ustadzah.

“Ini agar mental tetap kuat dan optimistis menghadapi berbagai dampak yang mungkin muncul”, kata Reni.

Pada akhir khataman, selain doa Khotmil Quran, Reni didaulat memimpin doa agar terhindar dari pandemi dan supaya pandemi cepat berlalu.Ia merencanakan khataman daring akan digalakkan di beberapa jamaah pengajian ibu-ibu di Kota Surabaya. Semakin banyak warga Surabaya menggelar khataman, tentunya semakin baik.(Sum/Tim)